CARA MEMBUAT GOOGLE FORM UNTUK BERBAGAI KEPERLUAN
Di era globalisasi ini, penggunaan internet sangat menyebar luas seiring bertambahnya waktu. tidak memandang umur, baik tua, muda, remaja, dewasa anak-anak bahkan balita kini sudah mengenal apa yang dinamakan gadget dan internet. Dengan segala kecanggihan di masa ini, kita harus bisa menggunakan segala fasilitas yang ada untuk mempermudah keperluan masyarakat luas dan dalam hal yang positif tentunya.
Mungkin banyak dari kalangan masyarakat yang telah menggunakan google form, baik untuk kuisioner, untuk mengisi pendaftaran maupun untuk keperluan lainnya. terutama untuk mahasiswa, pasti sangat sering menggunakan google form, untuk mendaftar asisten praktikum maupun mendaftar kepanitiaan misalnya. Dengan menggunakan fasilitas ini, dapat mempermudah pekerjaan kita. Kita tidak perlu pergi ke tempat pendaftaran, kita cukup duduk manis di depan laptop bahkan hanya dengan memegang HP saja. Nah, berikut merupakan tata cara untuk menggunakan google form untuk berbagai keperluan. Disini saya akan memberi contoh penggunaan google form pada formulir pendaftaran simulasi SBMPTN. Langkah-langkah yang dapat dilakukan antara lain:
- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah, membuka Google Drive di http://drive.google.com
- Log in ke alamat email yang dimiliki. cara membuat email
- Pilih My Drive--> More--> Google Forms
- Setelah menge klik google forms maka akan muncuk tampilan seperti berikut:
- Formulir tanpa judul: isi dengan tipe formulir yang akan digunakan ex: PENDAFTARAN
- Deskripsi Formulir: berisi deskripsi dari judul yg digunakan ex: PENDAFTARAN SIMULASI SBMPTN
- Pertanyaan tanpa judul: diisi dengan pertanyaan yang aka diajukan ex: NAMA
- Tanda (+) digunakan untuk menambah pertanyaan atau kuisioner yang diajukan ex: TTL, ALAMAT, NO HP, ALAMAT EMAIL DLL.
- Wajib diisi: dapat di ON kan apabila pertanyaan tersebut harus diisi oleh peserta
- Pertaan ganda: berisi tipe jawaban dari pertanyaan yang diajukan. antara lain jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, kotak centang, tarik turun dll. seperti gambar dibawah ini:
5. Setelah klik ikon kirim maka akan keluar gambar berukut :
maka akan ada pilihan via pengiriman, misalnya lewat email. maka yang perlu diisi alamat email yang akan dituju, subjek dan pesan. centang "sertakan formulir di dalam email" kemudian kirim.
DONE !!!
Pembuatan google forms sudah selesai, tinggal tunggu peserta mengisi data yang telah disiapkan.
UNTUK MELIHAT PESERTA YANG TELAH MENGISI FORMS :
Sekarang bagaimana cara melihat data isian formulir tadi? Masih di
Google Drive dengan akun Google kita, klik formulir yang sudah kita buat
tadi.
Kita bisa lihat Questions (formulir yang
kita buat) dan Responses. Klik Renponses untuk melihat data isian
formulir. Contoh gambar di bawah ini :
Dalam google form ini kita dapat merubah tampilan atau background yang kita inginkan seperti gambar berikut :
SELAMAT MENCOBA :)
Komentar
Posting Komentar